arsyabi

Monday, July 18, 2011

TIPE-TIPE MANUSIA MANUSIA DALAM MENGABDI KEPADA ALLAH

Menurut sebagian pakar, terdapat 3 tipe manusia dalam beribadah(taat melaksanakan perintahnya). Ketiga tipe ini sama-sama lillahi ta'ala, hanya 'penghayatan' yang berbeda. Inilah yang membedakan 'kualitasnya'.

Tipe pertama adalah tipe 'pedagang', yaitu melakukan sesuatu demi memperoleh imbalan yang menyenangkan. Termasuk dalam kategori ini adalah orang yang taat kepada Allah karena mengharapkan di akhirat kelak akan dimasukkan surga.

Tipe kedua adalah tipe 'budak', yang takut pada majikannya. Ia taat kepada Allah karena dorongan takut siksa neraka.

Tipe ketiga adalah tipe 'orang arif', yaitu orang yang beribadah bukan karena mengharapka imbalan surgawi dan juga bukan karena takut neraka, melainkan sebagai 'balas jasa' karena menyadari betapa besar anugerah Allah yang telah diterimanya. Ia tidak berani membangkan pada Allah semataa-mata karena rasa malu bahwa Tuhannya telah memberikan yang terbaik untuknya. Tidaklah pantas baginya membangkan pada perintah Allah yang telah memberinya anugerah yang tidak dapat dihitung banyaknya. Dengan demikian segala tindakannya semata-mata karena tidak ingin Allah kecewa kepadanya.

Melihat kenyataan yang ada sekarang, ada pakar yang menambahkan satu tipe lagi, celaklah Nanda bila termasuk dalam tipe ini.
Tipe yang dimaksud adalah tipe yang bukan sebagaimana sang arif  yang bersyukur, pedagang yang mengharap ataupun budak yang takut, ia adalah tipe 'robot' yang melakukan ibadah secara otomatis tanpa pemikiran dan penghayatan. Ia sholat namun yang teringat adalah bisnis, kenikmatan duniawi atau bahkan bensa-benda kecil yang tidak bernilai!

Wahai Saudaraku, dari keempat tipe ini manakah yang termasuk dalam diri kita?mulai dari sekarang mari kita perbaiki diri kita masing-masing dalam Mengabdi kepada Allah.

No comments: